Blender: Untuk Membuat Animasi 3D (GRATIS)


Mendengar kata "Blender", mungkin kebanyakan orang akan langsung berasosiasi tentang Jus. Tapi blender yang satu ini beda! Dilihat dari kualitas, ia sama dengan produk berharga puluhan juta rupiah. Tetapi anda bisa mendapatkannya gratis tis! Blender ini adalah software komputer untuk membuat animasi 3D. Kita yang membaca artikel ini, tentu pernah melihat animasi 3D bukan?
Kualitas, adalah hal pertama yang disebutkan dalam artikel ini. Karena kebanyakan orang akan menganggap bahwa sesuatu yang gratis adalah sesuatu yang kurang berkualitas, terutama jika menyangkut software. Mengapa pula disebutkan bahwa Blender sama dengan produk software animasi serupa yang berharga hingga puluhan juta, seperti 3D Max, Maya, Cinema 4D, dan sebagainya.
Kalau Anda coba mencari harga dari 3D Max, Maya, Cinema 4D, bisa jadi Anda akan terkejut. Sebagai contoh kalau anda melihat harga cinema 4D di smarttec.com.au, terlihat bahwa harganya yang termurah adalah 800-an dollar, itupun sudah diskon. Bahkan ada yang mencapai 6.000-an dollar. Kalau begini, hanya untuk belajar saja musti keluar biaya besar (kalau mau pake software legal). Apalagi untuk produksi, tentu saja modalnya sangat-sangat besar.
Blender menyediakan solusinya bagi kita. Tak perlu khawatir kita tidak perlu membayar untuk menggunakannya. Paling-paling hanya biaya download-nya saja dari internet. Syukur lagi kalau ada teman yang punya copy master blender, bisa dapat gratis TIS!
Dahulu interface blender sampai dengan versi 2.4 masih sangat membingungkan pengguna yang baru saja belajar. Tetapi pada saat itu pun, blender telah mampu digunakan untuk memproduksi film animasi berkualitas tinggi.
Siapa yang berani mengatakan bahwa tampilan video animasi di bawah ini berkualitas rendahan? Video animasi ini adalah open movie berjudul Big Buck Bunny yang dibuat dengan blender 2.46.
Anda dapat melihat versi HD-nya di http://www.youtube.com/watch?v=XSGBVzeBUbk
Nah, dalam versi 2.5, para pengguna blender akan mendapatkan fitur-fitur baru baik untuk pemodelan, texturing, dan animasi. Namun demikian, yang paling menyenangkan bagi pengguna baru adalah interface atau tampilannya yang user friendly.
Jika dahulu kebanyakan tutorial Blender hanya dalam bentuk artikel dan pdf, maka saat ini telah banyak situs yang memberikan tutorial dalam bentuk video. Tentunya dengan video, kita akan lebih mudah mencerna tutorial yang diberikan. Semua referensi yang dibutuhkan untuk mendownload dan mempelajari blender dapat anda temukan di blender.org. Satu hal yang menarik dari blender.org adalah memberikan link yang berguna untuk mempelajari blender di dalam situsnya.
Jadi, mau bikin film animasi 3D-mu sendiri? Coba saja Blender, gratis dan mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar